Minggu, 10 Juli 2011

Dasar Jurnalistik

Dasar Jurnalistik

Defisinis Jurnalistik :
1. Menurut onong effendi : tehnik berita sejak dari mendapatkan bahan sampai kepada menyebarluaskannya kepada masyarakat.

2. Menurut ensiklopedia Indonesia : bidang profesi yang mengusahakan penyajian informasi tentang kejadian / kehidupan sehari-hari (pada hakikatnya dalam bentuk secara berbeda dengan menggunakan sarana-sarana penerbitan yang ada.

3. Menurut Adinegoro : semacam kepandaian karang mengarang yang pokokny member perkabaran pada masyarakat dengan selekas-lekasnya agar tersiar pada masyarakat dengan selekas-lekasnya agar tersiar seluas-luasnya.

Definsi pers :

1. Menurut UU No.40 tahun 1999 : lembaga social dam wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memiliki, menyimpan, mengolah dan meyebarkan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, dan serta media cetak, media elektronik dan segala saluran yang tersedia.

2. Secara umum pers : kegiatan mencari, menggali, mengumpulkan, memuat dan meyebarluaskan berita melalui berkala dan seluas-luasnya dengan secepatya.


Menurut saya, jurnalistik yakni suatu kegiatan mengelola berita yang dimulai dari mengumpulkan data meliputi suatu peristiwa menyusun, menerbitkan dalam bentuk tertentu, lalu menyebarkannya. Dalam artian ini, kegiatan jurnalistik mengacu pada tindakan secara menyeluruh dan komprehensif penciptaan sebuah berita. Sedang pers adalah yang identik dengan news / berita lebih pada pengertian fenomena social, sehingga perwujudannya, jurnalistik dan pers adalah kegiatan satu kesatuan, dan lebih mendalam dikatakan, jurnalistik adalah bagian dari pers.

Macam-macam surat kabar :
1. Bali Post 6. Jawa Post 11. Radar Kediri
2. Bangka Post – Babel 7. Kompas 12. Jabar Post
3. Banjarmasin Post 8. Suara Merdeka 13. Yogyakarta Post
4. Batam Post 9. Sindo ( Seputar Indonesia) 14. Warta
5. Jakarta Post 10. Memo 15. Denpost - Bali

Macam-macam Majalah :
1. Gadis 6. Gamma
2. Hidayatullah 7. Gatra
3. Bola – Spot 8. Tempo
4. Hai 9. Kontan
5. News Music 10. Kawanku

Macam-macam Tabloid :
1. Bobo anak-anak 6. Nuraini
2. Femina 7. Agrobis
3. Kartini 8. Agrina
4. Nova 9. Komputer
5. Trubus 10. Trust

Berita yang berbobot / mempunyai nilai berita :
1. Actual / hangat
2. Menggema
3. Tokoh
4. Ekslusif
5. Unik
6. Kedekatan
7. Informative
8. Trend
9. Baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar