Minggu, 10 Juli 2011

Dasar Periklanan

Dasar Periklanan
Pada dasarnya isi iklan adalah pesan yang harus : menarik perhatian khalayak, menyedot perhatian masyarakat, merangsang keinginan khalayak, dan member khalayak perasaan yang lebih tajam selain itu diperluhkan wawasan, imajinasi, ketrampilan kreatif yang besar.
Proses karya iklannya :
1. Menyepakati brifing
2. Perumusan strategi kreatif
3. Penyusunan konsep
4. Pelaksanaan
5. Memproduksi iklan jadi
Periklanan : komunikasi komersil / non personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang di transmisikan ke khalayak melalui media cetak / eletronik.
Tujuan Riset Pemasaran :
1. Mencegah pemborosan uang perusahaan akibat adanya iklan-iklan yang tidak efektif
2. Mengetahui riset-riset pemasaran yang akan / sedang dilakukan pleh perusahaan
3. Menanggapi berbagai usulan dari : menentukan ide iklan yang terbaik, rancangan yang paling efisien, sasaran penjualan yang tepat dan mengenal khalayak.
Tips membuat iklan yang mudah diingat :
1. Perkiraan kejadian / peristiwa yang secara periodic (bulanan / tahunan) terjadi di Indonesia dan menyedot perhatian.
2. Sesuaikan dengan konteks peristiwa yang terjadi dengan ide besar dari kampanye anda.
3. Tentukan nada dari iklan
4. Jangan membuat iklan dengan konteks peristiwa yang sudah terjadi
5. Jangan menyalahkan siapa-siapa pada iklan yang anda buat, karena dapat berakibat mengambil resiko membuat sekelompok orang tidak suka
6. Buat kampanye dengan berkesinambungan antara merk (brand) yang anda iklankan, konteks/tema/cerita yang anda gunakan dengan kejadian didunia nyata.
7. Yang menentukan adalah apakah cerita/tema/konteks yang anda gunakan pada kenyataannya terjadi/tidak didunia nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar