Minggu, 03 Juli 2011

pengantar ilmu komunikasi

Pengantar Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi menurut Harold D. Laswell adalah “ siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan” who → message → media → whom → with what effect
Komunikasi adalah suatu interaksi, proses simbolik yang menghendaki mengatur lingkungannya dengan : mengatur hubungan antar sesame manusia, melalui pertukaran informasi, untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain dan berusaha mengubah sikap dan tingkah laku.
Unsur – unsur pesan adalah :
a. Sumber : orang yang mengirimkan informasi.
b. Pesan : sesuatu yangdisampaikan dari sumber kepada penerima.
c. Media atau saluran : alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber penerima.
d. Penerima : sasaran penerima yang dikrim oleh sumber, bisa berupa khalayak.
e. Efek : perbedaan antara apa yang difikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh komunikasi (penerima) sebelim dan sesudah menerima.
Lingkungan dapat mempengaruhi jalannya komunikasi :
1. Lingkungan fisik (memanggil nama orang).
2. Lingkungan social budaya (perbedaan berbicara antara teman dan ortu).
3. Lingkuangan psikologis (efek dalam kejiwaan, mengkritik orang)
4. Lingkungan dimensi (berkaitan dengan musim, situasi)
Tipe – tipe komunikasi :
1. Menurut kelompok sarjana komunikasi Amerika “Human Communication”
a. Komunikasi Antar pribadi (Komunikasi diadik dan komunikasi kelompok kecil)
b. Komunikasi kelompok kecil.
c. Komunikasi organisasi.
d. Komunikasi Massa
e. Komunikasi Publik
2. Menurut Joseph A.Devito.
a. Komunikasi antar pribadi.
b. Komunikasi kelompok kecil.
c. Komunikasi Publik.
d. Komunikasi massa.
3. Menurut R.Wayne
a. Komunikasi dengan diri sendiri
b. Komunikasi antar pribadi
c. Komunikasi khalayak.
4. Menurut beberpa sarjana komunikasi di Eropa
a. Komunikasi antar pribadi
b. Komunikasi Massa.

Penjelasan dan Keterangan :
1. Komunikasi Antar Pribadi : proses komunikasi yang berlangsung antara 2 orang atau lebih secara tatap muka.
a. Komunikasi diadik : proses komunikasi yang berlangsung antara 2 orang dalam situasi tatap muka (percakapan, dialog dan wawancara yang bersifat resmi dan ada tema).
b. Komunikasi kelompok kecil : proses komunikasi yang berlangsung antara 3 orang atau lebih secara tatap muka, dimana anggotanya saling berinteraksi satu sama lain.
2. Komunikasi dengan diri sendiri : proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu, atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri, contohnya : melamun.
3. Komunikasi Publik, biasa disebut komunikasi pidato, komunikasi kolektif, komunikasi retorika, public speaking dan komunikasi khalayak.
4. Komunikasi Massa : proses komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dr sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya missal melalui alat-alat yang mekanis (media elektronik dan media cetak).

KESIMPULAN :
1. Komponen Komunikasi
a. Komunikator.
b. Pesan.
c. Media.
d. Komunikan
e. Efek.
2. Proses Komunikasi
a. Pesan secara primer
b. Pesan secara sekunder.
3. Macam-Macam Metode Komunikasi
a. Metode Penelitian Jalan Tengah
b. Metode Empiris Kuantitaif
c. Metode Deskriptif
d. Metode Korelasional (hubungan sebab dan akibat)
e. Metode Eksperimental
4. Bentuk Komunikasi
a. Komunikasi Personal ( Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Antarpersonal)
b. Komunikasi kelompok ( komunikasi Kelompok Kecil dan Komunikasi Kelompok Besar)
c. Komunikasi Massa ( pers, radio, tv, film )
d. Komunikasi Media ( Media Cetak dan Media Elektronik)
5. Sifat Komunikasi
a. Tatap muka
b. Bermedia
c. Verbal (lisan, tulisan atau cetak)
d. Non Verbal (isyarat)
6. Media Komunikasi
a. Jurnalistik ( cetak, eletronik, radio dan tv)
b. Hubungan Masyarakat ( Humas)
c. Periklanan
d. Publisitas
e. Propaganda
f. Perang Urat Saraf
g. Penerangan
7. Tehnik Komunikasi
a. Komunikasi Informatif
b. Komunikasi Persuasif
c. Komunikasi Instruktif
d. Komunikasi Manusiawi
8. Tujuan Komunikasi
a. Perubahan sikap
b. Perubahan pendapat
c. Perubahan Perilaku
d. Perubahan Sosial
9. Fungsi Komunikasi
a. Menyampaikan Informasi
b. Mendidik
c. Menghibur
d. Mempengaruhi
10. Model Komunikasi
a. Komunikasi 1 tahap
b. Komunikasi 2 tahap
c. Komunikasi Multi tahap
11. Bidang Komunikasi
a. Komunikasi Sosial
b. Komunikasi Manajemen atau Organisasional
c. Komunikasi Perusahaan
d. Komunikasi Politik
e. Komunikasi Internasional
f. Komunikasi Antar Budaya
g. Komunikasi Pembangunan
h. Komunikasi Lingkungan
i. Komunikasi Tradisional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar