Minggu, 10 Juli 2011

Tehnik Reportase

Tehnik Reportase (Radio)
Reportase : suatu laporan yang dilakukan oleh reporter / wartawan mengenai suatu peristiwa yang dilihatnya dengan mata kepala sendiri. Indentik dengan laporan pandangan mata, yaitu dilaporkan langsung saat peristiwa berlangsung
Keunggulan Radio (menurut Maesseener, AIDB) :
1. Radio merupakan media tercepat untuk menyampaikan berita.
2. Radio bisa diterima didaerah pelosok tanpa listrik
3. Produk program radio cukup murah dan mudah
4. Radio mempunyai potensi untuk menjadi medium yang cepat, akrab dan mudah dijangkau
5. Siaran langsung oleh radio dari lokasi kejadian merupakan hal yang mudah diperluhkan
6. Buta huruf bukan kendala bagi khalayak pendengar radio.
Kelemahan radio ;
1. Hanya tergantung pada radio. Tv lebih lengkap karena ada bunyi dan gambar
2. Pada jarak jauh, pancaran radio bisa mengalami banyak gangguan. Radio tergantung oleh kondisi atmosfir
3. Seperti tv, radio tidak bisa bersaing dengan surat kabar dalam hal jumlah berita yang disajikan.
Gangguan komunikasi reportase ;
1. Pengaruh bahasa
2. Hambatan pengertian bahasa
3. Hambatan kepentingan
4. Hambatan dorongan/minat
5. Hambatan berupa prasangka
Strategi komunikasi : suatu rencana yang disusun sedemikian rupa agar pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima, dimengerti dan di ikuti oleh komunikan.
Kelompok input, factor yang bisa mempengaruhi komunikasi :
a. Kecakapan dalam berkomunikasi
b. Sikap seseorang dalam berkomunikasi antara lain : sikap terhadap diri sendiri, sikap terhadap isi pesan, dan sikap komunikator terhadap komunikan.
c. Tingkat pengetahuan
Kelompok output, antara lain :
1. Unsur efek
a. Penambangan pengetahuan.
b. Perubahan sikap
c. Perubahan tingkah laku
2. Unsur umpan balik
a. Umpan balik yang diterima langsung oleh komunikator dari komunikan
b. Umpan balik dari pesan dari komunikator sendiri
c. Umpan balik langsung
d. Umpan balik tidak langsung / tertunda
e. Umpan balik yang disimpulkan sendiri oleh komunikator
f. Umpan balik nol / tidak dimengerti
g. Umpan balik dari komunikan kepada komunikator
h. Umpan balik dari komunikan yang diharapkan oleh komunikator
i. Umpan balik yang tidak diharapkan.
Petunjuk pencari berita :
1. Memiliki rasa ingin tahu
2. Berbicaralah dengan berbagai macam orang
3. Bacalah kata khusus dibidang liputan
4. Hadirilah pesta dan resepsi diplomatic
5. Jangan segan meniru dari radio lain untuk kreatifitas anda
6. Bacalah pernyataan resmi, meskipun itu membosankan
7. Pertahankan hubungan dengan narasumber
8. Sering menghubungi kantor kedutaan
9. Jangan abaikan pengusaha dan para pekerja di Bandara / pelabuhan
10. Kunjungi pasar dan pameran
11. Kuasai beberapa radio
12. Berkunjunglah dengan polisi dan pejabat
13. Sadarilah bahwa anda tidak selalu mendapat berita dari narasumber.
Manfaat organisasi pembentukan radio siaran :
1. Tercipta distribusi kerja
2. Spesialisasi
3. Pertanggungjawab jelas
4. Kemudahan evaluasi
5. Terdapat jenjang kerja
Jenis-jenis wawancara :
1. News peg interview (informative interview) : wawancara berita untuk mengali fakta, konfirmasi pada suatu masalah / berita. Dilakukan tidak pada sembarang orang, dilakukan oleh para pakar / para ahlinya.
2. Man in the street interview : wawancara dalam berbagai sumber berita secara besar yang berkaitan dengan masalah / peristiwa
3. Personal interview (pribadi) : wawancara tentang kehidupan pribadi, perjalanan hidup / wawancara biografi.
4. Casual interview, doorstop interview : wawancara sambil lalu, artinya antara wartawan dengan kita tidak ada pperjanjian untuk melakukan wawancara
5. Writer interview : wawancara dilakukan melalui surat menyurat
6. Emotional interview : kita melakukan wawancara dengan orang yang melibatkan emosi dari orang itu.
7. Entertainment interview : wawancara dengan menghibur
8. Challenging interview : wawancara pro kontra / menantang
Tipe-tipe narasumber :
1. Mr .Prefect. cirinya : up to date, tepat waktu, berilmu dan memuaskan selera pendengar.
2. Mr. usual. Kemungkinannya : orang terkenal dengan jawabannya jarang ada yang baru / biasa saja, tidak orang terkenal namun jawabannya cukup baik.
3. Mr. Normative. Cirinya : sesuai aturan dan tidak menyimpang darii opini umum
4. Mr.Bad temper. Cirinya : emosi, gak nyambung, diskusi tidak akan berkembang
5. Mr.Timer. cirinya : dikejar waktu, sok on time dan sok sibuk
Syarat menjadi narasumber talkshow diradio :
1. Mudah dihubungi
2. Narasumber yang welcome dan anytime
3. Narasumber yang selalu mengikuti secara actual.
Menurut Larry King mempunyai 5 langkah talkshow tetep digunakan :
1. Lakukan apa yang anda rasa enak (narasumber)
2. Jagalah rahasia perform dalam mempresentasikan diri, perusahaan, organisasi diradio / tv, pastikan anda merasa nyawan, mengikuti zaman, dan berusaha akrab
3. Hindari hal-hal yang negative
4. Pendekatan untuk radio dan tv hakikatnya sama. Perbedaannya adalah penampilan
5. Berusaha mengembangkan unsur-unsur penting ketika di Tv
Meliput konferensi pers :
1. Melakukan persiapan
2. Mempelajari selebaran
3. Rekam keterangan si pembicara dan buat catatan tentang si pembicara
4. Setelah itu ambil kutipan yang bagus untuk buat berita
5. Setelah itu dengar keterangannya, kita cari tahu apa yang tidak dikatakan
6. Susun pertanyaan
7. Gunakan actually / kutipan bila mungkin, namun jagalah supaya akurat alam konteks akurat.
Konferensi pers : salah satu kegiatan pengumpulan informasi dan biasanya bukan kejadian yang lalu. Organisasi / konferensi pers akan puas jika hanya melakukan informasi yang mereka berikan
Meliput di daerah yang konflik, hal yang harus dilakukan :
1. Tidak nekat, karena takutnya ada yang berbahaya.
2. Berita harus berdasar dilihat dan didengar
3. Pandangan resmi mengenai kontroversi harus seimbang dan secara akurat dan disebutkan sumbernya
4. Karena alas an keamanan, wartawan harus menerima pembatasan
5. Jangan santai-santai ditengah situasi yang berbahaya
6. Dalam situasi berbahaya, anda bisa melaporkan peristiwa yang dramatis dengan menggunakan sumber-sumber anda sendiri tanpa mempertaruhkan nyawa
7. Dalam kerusuhan sipil, jangan nekat berdiri ditengah-tengah untuk memamerkan nyawa anda
8. Jangan menempatkan diri ditenga-tengah 2 pihak yang berlawanan
9. Jangan pernah member kesan pada suatu pihak
10. Kita bisa menarik diri dari kawasan bahaya
11. Perlunya bantuan darurat
Keharusan ketika REVIEW :
1. Manarik pendengar, Manahan pendengar
2. Daya ingat pendengar sangat terbatas. Jadi acara radio mensyaratkan seringkas mungkin
3. Komunikasi radio umumnya dominan 1 arah. Jadi informasi itu harus lebih jelas
4. Kecepatan penyampaian dan volumenya harus sepadan dengan daya ingat pendengar
5. Pengolahan suara dan berbicara yang memuat seluruh acara
6. Factor komunikasi suara diradio mampu menciptakan dimensi non verbal yang member peluang besar
7. Pelaksanaan penyiaran yang didukung konsep yang baik dan teknis yang menunjang
Vox pop (vox populi) : untuk mengetahui bagaimana opini public terhadap suatu masalah dengan cara yang mudah. Ini bukan berita, tapi sebagai pendukung. Vox pop terdiri 4 orang, tapi darik kalangan yang berbeda / lebih baik terdiri dari 5 orang. Masyarakat harus heterogen dan pertanyaan yang sama
Hal yang perlu diperhatikan dalam VOX POP :
1. Untuk maslah yang tidak berat, tetap dapat dibuat setiap saat, setiap ada perbedaan terhadap suatu topic
2. Ajukan pertanyaan yang sama
3. Ketika mengajukan pertanyaan, jangan mengajukan pertanyaan yang tertutup
4. Agar VOX POP bervariasi, pertimbangkan suasana pergantian antara wanita, pria, anak muda dan orang tua
5. Pilihlah orang ! jangan ngawur ! antara pertanyaan dengan orang harus sesuai
6. Jika anda meminta opini, jika pendapatnya sama, pastikan anda mewakili pendapat itu tadi
7. Untuk topic yang ringan, pastilah carikan komentar yang lucu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar