Kamis, 23 Juni 2011

Catatanku………….(2)

 Senyum adalah kunci kebahagian. Cinta adalah pintunya. Kegembiraan adalah taman bunganya. Iman adalah cahayanya, dan keamanan adalah temboknya.

 Keriangan adalah wajah yang berseri, kamu yang hijau, air yang dingin, buku yang bermanfaat disertai hati yang bisa menghargai nikmat, meninggalkan dosa dan mencintai kebaikan.


 Kirimkan surat-surat kita menjelang shubuh, surat yang ditulis dengan tinta air mata, dengan kertas pipi, dengan perangko pengabulan, dan dengan alamat yang dituju adalah ‘arasy : setelah itu, tunggulah balasannya.

 Pada waktu tahajud, bisikkan semua urusan kita kepada-Nya, karena Dia Maha Tahu yang tersamar dan tersembunyi. Dan, juga jangan kita perdengarkan kepada orang-orang di sekitar, sebab cinta itu memiliki rahasia-rahasia-rahasia, sementara orang yang tidak sama : ada yang tidak suka dan ada pula yang membantu.

 Mungkin saja kesan pertama dari masalah-masalah yang kita hadapi membuat kurang senang, namun setelah semua itu di lalui, kita baru bisa tersenyum puas.

 Ada 6 hal yang memberikan kesembuhan : agama, ilmu, harga diri, kekayaan, ampunan dan kesehatan.

 Senyuman itu ada bersama air mata. Kegembiraan itu ada bersama kedukaan. Karunia itu bersama bencana. Pemberian itu bersama ujian.

 Sebelum tidur, maafkan seluruh manusia, cuci hati hari dengan permaafan sebanyak 7x dan untuk yang ke 8 kalinya lumurilah dengan ampunan, niscaya kita akan mendapatkan manisnya iman.

 Carilah bagian kita dalam diam. Sebab orang diam selalu di segani. Orang yang tidak banyak bicara akan selalu di cintai, sedangkan bencana selalu lahir dari ucapan.

 Orang yang berpuasa akan menjadi baik makananya, yang bangun malam akan menjadi teratur tidurnya, yang baik hati akan banyak mendapatkan pujian, dan yang mulia akan banyak pendengkinya.

 Kesenangan itu hanya akan didapatkan melalui susah payah, ketenangan hanya akan didapatkan melalui kerja keras, dan cinta hanya akan didapatkan dengan sopan santun.

 Dapatkanlah kenikmatan dengan melihat pagi yang mulai menyinsing. Sebab cahaya pagi memiliki keindahan, keagungan dan pancaran yang akan membukakan harapan.

 Bangunlah pagi-pagi, sebab waktu itu ada berkah. Karenanya, lakukan apa yang hendak kita lakukan pada waktu itu, berdzikir, membaca Al-Qur’an, menghafal, membaca menulis dan bepergian.

 Kegemukan adalah kelalaian. Terlalu banyak makan akan menghilangkan kecerdasan. Terlalu banyak tidur adalah kegagalan. Terlalu banyak tertawa akan mematikan hati.

 Di antara sekian banyak kenikmatan dunia itu di antaranya : bepergian bersama orang yang kita cintai, menjauhi orang yang kita benci, terhindarnya diri dari orang yang menyakiti dan mengingat keberhasilan.

 Kejujuran adalah ketenangan. Kebohongan adalah keraguan. Rasa malu adalah benteng. Ilmu aalah hujjah. Sastra adalah keindahan. Dan diam adalah hikmah.

 Indahnya kemenangan adalah akan menghapus getirnya kesabaran. Nikmatnya kemenangan adalah menghapus semua keletihan. Dan kerja yang cermat akan menghapuskan kendala yang akan dihadapi.

 Ada 3 dokter yang harus kita konsultasikan : kegembiraan, ketenangan, dan melindungi diri. Ada 3 orang musuh yang harus di jauhi : pesimis, waham dan putus asa.

 Di antara wujud nikmat adalah terhindar dari rasa takut, dari penyakit, dan dari kepikunan. Jangan minum sebelum haus, jangan makan sebelum lapar, dan jangan tidur sebelum benar-benar ngantuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar