Sabtu, 18 Juni 2011

Metodologi Peneletian Komunikasi paradigma

1. Penelitian ilmiah adalah suatu kegiatan yang sistematis dan objektif untuk mengkaji suatu atau beberapa masalah dalam usaha mencapai pengertian mengenai prinsip-prinsip yang mendasar dan umum berkenaan dengan landasan atau inti perwujudan masalah tersebut.

Bisa juga penelitian ilmiah adalah pengamatan yang sambung-bersambung, berakumulasi dan melahirkan teori-teori yang mampu menjelaskan dan meramalkan fenomena.



2. Paradigma dalam kamus ilmiah adalah model dalam teori ilmu pengetahuan, kerangka berpikir, contoh, tasrif, pedoman, dipakai untuk menunjukkan gugusan system pemikiran, bentuk kasus dan pola pemecahannya.

Definisi paradigma. adalah suatu asumsi-asumsi dasar dan asumsi-asumsi teoritis yang umum yang merupakan suatu sumber nilai. Konsekuensinya hal itu merupakan suatu sumber hukum-hukum, metode, serta penerapan dalam ilmu pengetahuan sehingga sangat menentukan sifat, ciri serta karakter ilmu pengetahuan itu sendiri.

Paradigma dapat diartikan sebagai bermacam-macam,tergantung pada sudut pandang yang digunakan. Sebagian orang menyebut Paradigma sebagai citra fundamental dari pokok permasalahan di dalam suatu ilmu.

1. Headline Biasa disebut judul. Sering juga dilengkapi dengan anak judul. Ia berguna untuk: (1) menolong pembaca agar segera mengetahui peristiwa yang akan diberitakan; (2) menonjolkan satu berita dengan dukungan teknik grafika.
2. Berita Utama merupakan berita yang masih hangat untuk dibicarakan. Biasanya letaknya itu di halaman depan
3. Berita Jangkar news anchor, adalah jurnalis televisi atau radio yang membawakan materi berita, dan sering terlibat memberikan improvisasi komentar dalam siaran langsung. Istilah ini utamanya dipakai di Amerika Serikat dan Kanada. Banyak news anchor terlibat dalam penulisan dan/atau penyuntingan berita bagi program mereka sendiri. News anchor juga mewawancara narasumber di studio atau memandu program diskusi. Banyak juga yang menjadi komentator dalam berbagai program berita.
4. Pojok Dalam sebuah surat kabar dikenal ada: berita, feature, tajuk, pojok, kolom, surat pembaca, iklan. Biasanya ada pula fiksi, karikatur, foto-foto. Berita dan feature adalah fakta, pojok dan tajuk adalah opini dari pengasuh koran, kolom dan surat pembaca adalah opini dari luar, iklan adalah sumber duit untuk penerbitan, sedang fiksi adalah karangan yang fiktif, bisa sebagai cerita bersambung, cerpen, dan sebagainya.
5. Artikel Menurut KBBI, pengertian artikel adalah “karya tulis lengkap” misalnya laporan berita atau esai dalam majalah. Menurut definisi ini sebuah artikel idelanya membahas seluk beluk suatu tema secara tuntas.
6. Karikatur ungkapan perasaan seseorang yang diekspresikan agar diketahui khalayak. Karikatur sebagai media komunikasi mengandung pesan, kritik atau sindiran tanpa banyak komentar, tetapi cukup dengan rekaan gambar yang sifatnya lucu sekaligus mengandung makna yang dalam (pedas). Karikatur adalah bagian dari surat kabar yang tidak asing lagi bagi siswa maupun guru.
7. Photo Fungsi foto dalam media cetak bukan hanya sebagai ilustrasi sebuah berita. Namun, penyajian foto dalam surat kabar telah membuat pemberitaan menjadi lebih lengkap, akurat dan menarik, karena foto digunakan untuk menyalurkan ide, berkomunikasi dengan masyarakat, memengaruhi orang lain, hingga menghadirkan kenangan lama. oto dalam media massa tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap pesan yang ingin disampaikan komunikator, tapi ia merupakan pesan itu sendiri. Sebuah foto yang disajikan dalam surat kabar (media massa cetak) tidak lepas dari tujuan jurnalistik, yaitu menyebarkan berita seluas-luasnya.
8. Kolom Dalam istilah pemberitaan misalnya di surat kabar / koran, kolom diartikan sebagai bagian vertikal pada halaman cetak yang dipisahkan oleh garis tebal atau ruang kosong. Dan asosiasi lain, kolom berarti bagian khusus yang utama dalam surat kabar atau majalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar