Selasa, 21 Juni 2011

Gaya Hidup ( Life Style)

Gaya Hidup INTPIS (Informasi dan Tips)
 Batuk……
Ternyata batuk bukan merupakan penyakit melainkan gejala penyakit. Batuk merupakan reflex pertahanan tubuh untuk mengeluarkan dahak, riak dan benda asing lainnya dari saluran peranafasan. Oleh karena itu, istilah untuk menghilangkan gejala batuk disebut simtomatik.
Batuk terdiri dari 2 macam yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Sedangkan untuk obatnya juga dapat dibagi menjadi 2 jenis : antitusif dan ekspetoran. Antitusif bergunakan mengobati batuk kering sedangkan ekspetoran untuk mengobati batuk berdahak.
Salah satu jenis batuk adalah batuk bronchitis. Batuk jenis ini terjadi karena peradangan pada saluran udara ke paru-paru. Bronchitis dapat dibedakan dalam beberapa hal menurut penyebabnya. Bronchitis infeksiona disebabkan virus dan bakteri oleh debu, asap, polusi udara, dan rokok……..

 7 langkah kecil dengan manfaat besar yang menyehatkan :
Tidak ada seorang pun yang dapat mencapai sehat sempurna tanpa melakukan pola hidup sehat, dan dimulai dari hal yang paling sederhana, yang tentunya dimulai dari langkah paling kecil.
1. Tersenyumlah.
Perubahannya mengurangi 10 % berat badan. Dan keuntungan besarnya dalah menurunkan tekanan darah, kolesterol LDL dan mencegah serangan jantung, stroke dan diabetes.
Sebuah penelitian di Universitas California, San Fransisco mencatat, wanita obesitas dengan pola makan tidak normal dapat mengurangi beratnya kurang dari 10 % saja, mengalami penurunan tingkat kebocoran 47 % setelah 6 bulan.

2. Ajak keliling binatang piaran
Perubahan kecil adalah meningkatkan aktivitas olahrraga 10 %. Bahkan jika kita tidak berlama-lama keliling, tubuh kita tetap membakar kalori setidaknya 1.000 kalori. Hmmm……tidak pny hewan piaraan? Cobalah naik turun tangga selama 15 menit.
Keuntungan besarnya : membakar lebih dari 100 kalori tiap harinya dapat menurunkan 10 pon dalam setahun dan jantung pun menjadi lebih sehat.

3. Sewa Film Komedi
Perubahan kecil : tertawa setidaknya 10 menit dapat membakar kalori dan menjadikan jantung sehat. Tontonlah film komedi kesukaan kita dan ajak teman kita untuk menonton bersama dapat mengurangi 10-20% kalori ketimbang menonton film drama atau action.
Keuntungan besar : tertawa sama saja seperti berolahraga di sofa. Tertawa membuat otot perut menegang, jantung berdetak lebih cepat dan memicu nafas lebih cepat sehingga lebih banyak oksigen yang masuk tubuh.
Tertawa dapat membakar 10-40 kalori tiap 10-15 menit seharinya, artinya, dalam setahun kita dapat langsing dengan mengurangi 4 pon berat badan, hanya mengurangi menonton TV.

4. Ambil buah atau sayuran untuk camilan.
Perubahan kecil : meningkatkan 10 % konsumsi sayuran dan buah. Ganti camilan dan buah kita dengan wortel atau apel untuk memenuhi asupan vitamin y6ang diperluhkan tubuh.
Keuntungan besar : menambahkan menu sayur dan buah sebagai camilan dapat mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.

5. Kurangi Auspan Garam
Perubahan kecil : menurunkan tekanan darah 10 %. Sebuah penelitian mengatakan, seseorang yang menghindari garam umumnya lebih memilih mengonsumi sayuran dan buah. Ditambah dengan o;ahraga teratur, kita akan mendapatkan tubuh langsing yang alami.
Keuntungan besar : dengan mencegah tekanan darah meningkat, kita melindungi diri sendiri dan mencegah pencegah ginjal.

6. Konsumsi Lemak yang Sehat
Perubahan kecil : mendapatkan 10 % kalori dari makanan yang mengandung omega 6, seperti kacang, minyak zaitun dan salad. Keuntungan besar : mengkonsumsi omega 6 dapat mencegah penyakit jantung hingga 24%

7. Menutup Mata Sejenak
Perubahan kecil : mengistirahatkan pikiran, setidaknya 10 menit. Carilah tempat yang tenang menjelang siang hari, istirahat sejenak terutama jika semalam tidak cukup tidur.
Perubahan besar : tidur dsiang hari bagus untuk jantung. Namun untuk mencegah berkurangnya kesadaran, cukup istirahat selama 10 menit saja.

 Makanlah Buah-buahan ini Bersama Kulitnya
Tidak semua buah harus dikupas sebelum dimakan, karena kadang-kadang kandungan nutrisi paling tinggi justru terdapat di kulit sehingga saying kalau dibuang. Bebarapa buah justru lebih banyak dimakan bersama kulitnya. Jenis buah yang setidaknya dimakan langsung bersama kulitnya, antara lain :
1) Apel
Kulit apel 87 % lebih banyak dibandingkan dalam daging buahnya. Beragam senyama fitokimia dalam kulit apel merupakan antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker.

2) Timun
Meski sering disebut sebagai sayuran, secara teknis timun termasuk buah-buahan. Kulitnya mengandung silica yang berkhasiat menjaga kesehatan kulit dan kuku. Sedikitnya manusia butuh 5 mg silica setiap hari, seluruhnya bias diperoleh dari sebutir timun.

3) Terong
Teorng juga sering disebut sayuran, mseki secara teknis termasuk golongan buah berry. Kulitnya berwarna ungu mengandung 300 mg senyawa nasunin, sejenis aktioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel otak. Kulit terong juga mengandung 200 mg potassium, 13 mg magnesium dan 3 mg serat.

4) Kiwi.
Mungkin agak aneh membayangkan kulit kiwi yang berbulu itu harus dimakan. Tapi menurut sebuah penelitian, kandungan vitamin C dan E terdalam dalam buah kiwi bias diperoleh dengan lebih maksimal jika buah ini dimakan bersama kulitnya.

5) Tomat
Buah tomat kaya akan kandngan vitamin A, C dan E. kandungan nutrisinya paling banyak terdapat pada kulit dan rasanya memang tidak ada orang mengupas kulit tomat sebelum mengkonsumsinya.

6) Jeruk
Kulit jeruk mengandung senyawa PMF yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol. Tidak perlu benar-benar dimakan untuk mendapatkan khasiatnya cukup diseduh bersama teh atau dimasukan dalam sup.

7) Pir
Karena kulitnya mengandung serat yang sangat tinggi, buah pir hamper tidak pernah dikupas dan langsung dimakan begitu saja. Kulit pir juga kaya akan mineral terutama tembaga, serta vitamin C dan K yang berfungsi sebagai antioksidan.


SELAMAT MENCOBA……. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar