Sabtu, 25 Juni 2011

Informasi Pengetahuan…………..

Informasi Pengetahuan…………..
≥ orang yang berhati-hati akan berhasil mencapai apa yang dicita-citakannya, dan orang yang selalu berusaha melakukan kebaikan akan mendapatkan kemenangan. Terburu-buru adalah kemandulan dan keinginan adalah kebangkrutan.

≥ faedah membaca itu banyak sekali, di antaranya melancarkan lidah, mengembangkan akkal, menjernihkan pikiran, menghilangkan keresahan, mengambil pelajaran dari berbagai pengalaman, dan memetik nilai-nilai keutamaan.

≥ bacalah selalu : ya dzal jalali wal ikram, dan ya ayyu ya qayyam birahmatika astaghistu. Agar kita dapat melihat jalan keluar, kegembiraan dan ketenangan.

≥ Rahmat itu tulus, dan pintunya selalu terbuka. Ampunan itu selalu diberikan dan karunia-Nya selalu dating setiap pagi dan sore. Taubat itu akan selalu diterima dan kesabaran Allah itu sangatlah besar.

≥ tingkatkan amalan kita, pendekkan angan-angan kita, tunggu ajal kita, jalani kehidupan hari ini, hadapi masalah kita, pahami zaman dimana kita hidup dan jagalah mulut.

≥ hal-hal yang mubah yang berlebihan termasuk kategori yang sangat mengganggu. Misalnya : berbicara, makan, minum, bergaul, dan tertawa. Semua ini merupakan penyebab keruwetan pikiran.

 Dan janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Allah ( Qs. Yusuf :87)

 Karena sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan ( Qs. Al- Insyirah: 5)
 Bukanlah kami telah berikan kepadanya 2 mata ( Qs. Al- Balad : 8) yang mampu membaca buku alam semesta, yang bisa membaca buku catatan tentang keindahan, yang bisa menikmati pemandangan yang indah, dan yang mampu melayangkan pandangannya ke arah panggung kehidupan.

 Lidah dab 2 bibir ( Qs. Al- Balad : 9), yang bisa berucap dengan bahasa yang lugas, yang berbicara dengan ungkapan yang menarik, yang bertutur dengan kata yang penuh hikmah, yang menerjemahkan semua yang ada di dalam hatinya.

 Berapa banyak kita meminta, tapi dia selalu memberi. Berapa banyak kita memohon, Dia pun memberi Cuma-Cuma. Berapa banyak kita melakukan kesalahan, dia yang meluruskan, berapa banyak kita melakukan doa. Dia mengabulkan, Dia selalu member kemudahan.

 Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku (Allah) perkenankan bagimu ( Qs. Al-Mu’min :60) angkatlah telapak tangan kita mengadah kepada Allah, katakan semua keperluan kita, mintalah semua yang kita inginkan, mintalah rezeki kita dan adukan semua keadaan kita.

 Wahai umat manusia, berlakulah lembut terhadap kaum wanita, bersikaplah lembut terhadap hati, kasihilah sesame, berhati-hatilah terhadap perasaan orang lain dan berbuatlah kebaikan kepada orang lain dan kepada alam semesta.

 Sembunyikan kemarahan kita ! jangan mengungkit kesalahan yang kecil. Tutuplah mata terhadap kenakalan orang lain. Maafkanlah kesalahan yang dilakukan atas diri kita dan kuburlah semua cela itu, niscaya kita akan menjadi orang yang paling dicintai.

 Sebuah pintu dan gemboknya, sebuah kamar yang berventilasi, hati yang tenang bersama ketakwaan dan kelurusan komitmen, maka itu berarti kita telah mendapatkan keberhasilan.

 Perkataan yang benar itu kejujuran, sebab perkataan yang benar membukakan jiwa, membahagiakan hati, menyembuhkan luka, menghilangkan kedengkian dan adanya kedamaian.

 Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah ( Al- Hadist) sebab, wajar adalah tanda sebuah kitab. Wajar adalah cermin hati, penuntun jiwa, dan awal dari sebuah penghargaan.

 Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya ( Qs. Al-Baqarah : 286)

 Jauhilah sikap tindak menerima, sebab sikap ini merupakan pintu kesedihan, keresahan, kegundahan, hati yang tidak pernah puas, jiwa yang tidak pernah berkenan, keadaan yang tidak menyenangkan dan membuang-buang usia.

 Jika kita harus mengingat masa lalu, maka ingatlah masa lalumu yang indah agar kita gembira. Jika kita mengingat hari ini, maka ingatlah apa yang telah kita hasilkan, pasti kita akan merasa bahagia. Dan jika kita mengingat hari esok, maka ingatlah mimpi-mimpi kita yang indah agar kita optimis.

 Kehidupan adalah kekayaan, pengalaman,sebuah perguruan tinggi yang mengajarkan banyak pengetahuan, dan gudang yang menyimpan banyak sekali formula. Setiap hari kita mempelajari pelajaran tentang seni hidup. Kehidupan ini adalah berkah bagi kaum yang mau berfikir.

 Jadilah seperti semut dalam ketekunanya. Dia berusaha merambat naik ke batang pohon hingga ratusan kali, dan jatuh sebanyak itulah jumlah yang sama. Tapi dia terus berusaha naik kembali hingga akhirnya sampai pada tujuan yang di inginkan. Karena itu jangan cepat menyerah dan bosan.

 Keunggulan dan kerja keras tidak mengenal garis keturunan, gelar mata pencaharian atau jenjang pendidikan. Siapa saja yang memiliki semangat tinggi, jiwa yang selalu ingin tahu dan tingkat kesabaran yang baik, akan masuk ke dalam tingkatan orang-orang yang tinggi.

 Keluarlah sekali dalam seminggu bersama keluarga untuk berekreasi. Dengan rekreasi akan lebih dekat dengan anak-anak. Kesegarannya akan memperbaruhui gairah hidup, dan akan membuang kejemuan.

 Kemuliaan ilmu dan kebudayaan akan kekal abadi, terutama bagi orang yang berprofesi mengajar dan menulis. Sedangkan kemuliaan yang disebabkan oleh ketenaran dan kedudukan adalah baying-bayang yang akan segera sirna dan fantasi yang palsu.

 Keberhasilan adalah tetesan dari kerja keras, penderitaan, luka, pengorbanan dan kecemasan. Sedangkan kegagalan adalah tetesan dari kemalasan, tidak punya greget, perasaan minder dan tidak bergairah.

 Dan, maafkanlah kesalahan orang (Qs. Ali Imran :134).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar